Bagaimana Caranya Menemukan Kata Sandi Wi-Fi untuk Setiap Jaringan yang Pernah Anda Sambungkan

Jika Anda lupa kata sandi Wi-Fi ke jaringan yang sebelumnya Anda masuki, komputer Anda seharusnya masih menyimpannya.

Apakah Anda mencari kata sandi Wi-Fi untuk jaringan yang pernah Anda masuki sebelumnya? Baik itu jaringan sekolah, kantor, atau kedai kopi, kata sandi harus disimpan di laptop Anda. Tetapi jika tidak secara otomatis menyimpan, Anda mungkin harus melakukan sedikit penggalian untuk mengetahui apa kata sandinya.

Jika komputer Anda telah terhubung ke jaringan Wi-Fi itu sebelumnya, jangan khawatir. Pertama kali Anda terhubung ke jaringan di komputer Mac atau Windows, nama jaringan dan kata sandi disimpan di memori. Cukup mudah untuk masuk ke pengaturan komputer Anda untuk mengekstrak dan merekam kata sandi untuk perangkat lain.

Kami akan memberi tahu Anda cara menemukan kata sandi untuk semua jaringan Wi-Fi yang pernah Anda sambungkan di MacOS dan Windows. 

Cara menemukan kata sandi Wi-Fi dengan MacOS

Setiap kata sandi yang Anda masukkan dan simpan di Mac disimpan di Keychain Access, sistem manajemen kata sandi untuk MacOS. Dan itu termasuk kata sandi jaringan Wi-Fi.

Untuk memulai, gunakan fitur pencarian untuk membuka aplikasi  Keychain Access dan lakukan hal berikut:

1. Klik System di bawah System Keychains di sidebar.

2. Selanjutnya, klik Kata Sandi di bagian atas jendela.

3. Temukan jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan kata sandinya dan klik dua kali.

4. Terakhir, centang kotak di sebelah Tampilkan kata sandi dan masukkan kata sandi Anda saat diminta.

Bidang kata sandi kemudian akan menampilkan kata sandi yang Anda gunakan untuk masuk ke jaringan Wi-Fi itu. Anda dapat mengklik dua kali di bidang kata sandi untuk memilih kata sandi dan menyalinnya ke clipboard Anda, jika perlu.

Cara menemukan kata sandi Wi-Fi di Windows

Menemukan kata sandi ke jaringan Wi-Fi yang saat ini Anda sambungkan sangatlah mudah di Windows, tetapi mendapatkan semua kata sandi Wi-Fi yang tersimpan membutuhkan sedikit usaha, jadi kami akan membahas kedua metode di bawah ini.

Untuk menemukan kata sandi ke jaringan Wi-Fi yang saat ini Anda sambungkan di Windows:

1. Klik tombol Start, lalu buka Control Panel> Network and Internet > Network and Sharing Center (Windows 11) atau Settings > Network & Internet > Status > Networl and Sharing Center(Windows 10).

2. Di sebelah Connections, klik nama jaringan Wi-Fi Anda yang disorot dengan warna biru.

3. Di halaman Status Wi-Fi yang terbuka, klik Wireless Properties (Properti Nirkabel) lalu pada tab Security (Keamanan).

4. Terakhir, centang kotak di sebelah Tampilkan karakter untuk menampilkan kata sandi jaringan Wi-Fi Anda di atasnya.

Namun, ini bukan satu-satunya cara untuk menemukan kata sandi jaringan Wi-Fi Anda. Metode di atas hanya memungkinkan Anda untuk melihat kata sandi ke jaringan Wi-Fi apa pun yang saat ini Anda sambungkan, tetapi ada cara untuk menemukan kata sandi ke semua jaringan Wi-Fi yang pernah Anda sambungkan di komputer Windows Anda.

Untuk menemukan semua kata sandi jaringan Wi-Fi Anda di Windows:

1. Klik kanan ikon Windows di bilah tugas di desktop Anda.

2. Klik Terminal Windows (Admin).

3. Ketik netsh wlan show profile dan tekan Enter pada keyboard Anda untuk melihat setiap jaringan Wi-Fi yang telah Anda sambungkan.

4. Setelah Anda menemukan jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan kata sandinya, ketik netsh wlan show profile "(Nama jaringan Wi-Fi)" key=clear (misalnya, netsh wlan show profile "Netgear667" key=clear), dan kemudian tekan tombol Enter.

Pengaturan untuk profil, konektivitas, keamanan, dan biaya akan muncul. Kata sandi jaringan Wi-Fi akan muncul di bawah Pengaturan keamanan, dan di samping Konten Utama. Selain Terminal Windows, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Command Prompt untuk mengetikkan perintah yang tercantum di atas untuk menemukan kata sandi Wi-Fi Anda.

Mei 10, 2022 06:58
Berita Lainnya